Kamis, 16 Mei 2013

Manipulasi Efek Warna Warni Lensa Mata

Multicolored Eyes Effect

Sebelumnya saya minta maaf karena setelah kurang lebih 4 tahun saya disibukkan dengan bermacam-macam kegiatan dan alhasil saya tinggalkan blog saya ini, akhirnya hari ini saya punya waktu dan minat lagi untuk posting dalam blog saya.
Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan tutorial tentang bagaimana caranya merubah warna mata, bagi anda yang ingin melihatnya silahkan klik disini. Untuk kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana caranya mengganti warna mata kita, namun untuk kali ini bedanya kita akan mendapatkan effect berwarna – warni pada lensa mata kita. Dengan hasil seperti ini:


Penasaran?? Berikut langkah – langkahnya:

  1. Buka gambar yang diinginkan. Untuk kali ini saya menggunakan gambar mata berikut. Perlu diketahui saya akan menamakannya layer background.

  2. Selanjutnya Right klik pada layer background dan pilih duplicate layer. Setelah mendapatkan layer baru, maka Selanjutnya pilih Burn Tool dan setting seperti berikut:

  3. Gunakan Burn Tool pada bagian tepi iris mata. Maka kita akan mendapatkan hasil seperti berikut 

  4. Setelah itu pilih Dodge Tool dan setting seperti berikut:

  5. Gunakan Dodge Tool ditengah – tengah antara pupil dan warna gelap pada langkah no 3. maka kita akan mendapatkan hasil seperti berikut:

  6. Selanjutnya untuk sementara hilangkan visibilitas untuk layer background, lalu hapus daerah selain pupil dan iris dengan menggunakan Erase Tool, sehingga kita mendapatkan hasil seperti berikut. 

  7. Selanjutnya Duplicate background layer (layer paling bawah/gambar original), dan pindahkan pada bagian paling atas. Kali ini kembalikan visibilitas semua layer. 

  8. Selanjutnya pada background copy 2, pilih Image > Adjustment > Hue/Saturation. Pada Hue/saturation box setting edit pada Master, Hue +7, Saturation -66, Lightness 0, klik ok. Maka Gambar kita akan berubah menjadi sedikit hitam putih. Selanjutnya Pilih Erase Tool dan sapukan pada bagian Iris (kebalikan langkah no 6) Sehingga kita akan mendapatkan hasil seperti berikut.

  9. Untuk catatan, pada gambar diatas, sementara Visibilitas semua layer saya hilangkan kecuali layer paling atas. Namun setelah mendapatkan hasil seperti diatas, lalu semua visibilitas layer dikembalikan maka hasilnya akan seperti berikut. 

  10. Selanjutnya Duplicate Background Layer lagi (Gambar Original) dan pindahkan pada bagian Paling atas. Inilah saatnya membuat warna pupil berwarna – warni. Pilih Dodge Tool dan goreskan pada bagian antara tepi iris dan pupil yang ingin dirubah warnanya. Selanjutnya Pilih Image > Adjustment > Variation. Untuk selanjutnya setiap melakukan effect pada Variation pertama – tama selalu klik original terlebih dahulu baru memilih warna yang disukai. Pada langkah ini, anda bisa bereksperiment, namun pada tutorial ini saya menggunakan setting warna seperti berikut. Untuk Warna yang pertama saya gunakan perpaduan Magenta, Magenta, Blue, Cyan, klik Ok. Selanjutnya Gunakan Erase tool dan hapus seluruh bagian mata kecuali bagian yang tadi telah diberi Dodge Tool. Selanjutnya pilih Image > Adjustment > Level, setting seperti ini: Channel: Green, input level 0: 0,60: 204, Channel: Blue, input level 0: 0,60: 204, klik ok. Maka Hasilnya seperti berikut:

  11. Untuk selanjutnya lakukan langkah no 10 beberapa kali sampai anda menemukan hasil yang diinginkan. Namun pada tutorial ini saya akan tunjukkan pilihan warna yang saya gunakan beserta hasil – hasilnya. Jadi Untuk Selanjutnya saya hanya akan tunjukkan langkah dan warna pilihan saya saja, karena intinya sama dengan langkah pada no 10, maka saya tidak akan menjelaskannya secara detail.
  12. Duplicate background
  13.          Pindah Pada Layer paling atas
             Dodge
             Variation: Original, Cyan, Cyan, Blue, Green, Green, Magenta, Ok 
             Erase 
             Levels: Red 0: 0,60: 204, Blue 0: 1,00: 255, Green 0: 0,60: 255







  14. Duplicate background 

  15.          Pindah Pada Layer paling atas
             Dodge 
             Variation: Original, Yellow, Green, Darker, Ok
             Erase
             Levels: Blue, 0; 0,60; 204







  16. Duplicate background 
  17.          Pindah Pada Layer paling atas  
             Dodge
             Variation: Original, Cyan, Blue, Magenta, Red, Yellow, Ok
             Erase
             Levels: Green: 0; 0,60; 204 Blue: 0, 0.60, 204 



Demikian tutorial photoshop kita kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Judul Multicolored Eyes Effect
Deskripsi cara membuat efek warna - warni pada lensa mata
Last Update 09/06/13
Author Denie Kurniawan
Rating
98%/100% Peringkat Dari 1005 Suara

Tutorial Photoshop Author Post Author

Salah satu dari sekian banyak orang yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media untuk saling berbagi dan bersilaturahmi.

0 komentar :